Selasa, 02 Februari 2010

tipe-tipe printer dan cara kerjanya

1. HP PHOTOSMART D5460

- Kemampuan cetak hitam-putih per menit: 33 lembar
- Kemampuan cetak warna per menit: 31 lembar
- Maksimal hitam-putih dpi (dot per inch): 600-by-600
- Maksimal warna dpi (dot per inch): 9600-by-2400
- Kapasitas tray, halaman: 125
- Harga: $100
- Nilai dari PC WORLD: 85
Kesimpulan: bagi mereka yang memiliki dana terbatas tapi membutuhkan printer yang dapat mencetak foto dengan kualitas cukup baik maka printer ini bisa menjadi pilihan

2. HP PHOTOSMART D7560

- Kemampuan cetak hitam-putih per menit: 33 lembar
- Kemampuan cetak warna per menit: 31 lembar
- Maksimal hitam-putih dpi (dot per inch): 600-by-600
- Maksimal warna dpi (dot per inch): 9600-by-2400
- Kapasitas tray, halaman: 125
- Harga: $149
- Nilai dari PC WORLD: 84
Kesimpulan: Desain yang enak dipandang, cepat dan hasil cetak berkualitas tinggi dapat menjadikan printer ini sebagai pertimbangan anda untuk mencetak foto

3. Canon Pixma IP4600 Photo Printer

- Kemampuan cetak hitam-putih per menit: 26 lembar
- Kemampuan cetak warna per menit: 21 lembar
- Maksimal hitam-putih dpi (dot per inch): 600-by-600
- Maksimal warna dpi (dot per inch): 9600-by-2400
- Kapasitas tray, halaman: 300
- Harga: $99.99
- Nilai dari PC WORLD: 81
Kesimpulan: Meskipun kualitas hasil cetak foto cukup memuaskan tetapi ada nilai minusnya yaitu kurangnya slot media dan kecepatan mencetak teks yang tidak begitu cepat

4. Epson Workforce 40 Color Printer

- Kemampuan cetak hitam-putih per menit: 38 lembar
- Kemampuan cetak warna per menit: 38 lembar
- Maksimal hitam-putih dpi (dot per inch): 600-by-600
- Maksimal warna dpi (dot per inch): 9600-by-2400
- Kapasitas tray, halaman: 100
- Harga: $129.99
- Nilai dari PC WORLD: 81
Kesimpulan: Dari segi kecepatan printer bisa dibilang cukup lumayan tetapi harga tinta yang mahal dan kualitas cetak yang tidak terlalu istimewa kemungkinan akan membuat pangsa pasarnya, ditujukan untuk small office, akan lebih memilih merk lain

5. Canon Pixma IP2600

- Kemampuan cetak hitam-putih per menit: 22 lembar
- Kemampuan cetak warna per menit: 17 lembar
- Maksimal hitam-putih dpi (dot per inch): 600-by-600
- Maksimal warna dpi (dot per inch): 4800-by-1200
- Kapasitas tray, halaman: 150
- Harga: $50
- Nilai dari PC WORLD: 80
Kesimpulan: Jangan mengharapkan kualitas cetak yang istimewa dan kecepatan yang tinggi dari printer ini, namun dengan harganya yang sangat ekonomis printer ini akan cocok digunakan bagi pengguna rumahan dan siswa/mahasiswa.

Cara kerja Printer Laser

Proses Dasar Printer Laser
Prinsip kerja dasar dari laser printer adalah listrik statis, energi yang sama yang bisa membuat pakaian menempel pada pengering atau kilatan petir yang menyambar ke tanah. Listrik statis adalah muatan listrik sederhana yang terjadi pada objek yang terisolasi, seperti balon atau tubuh kita. Sejak muatan atom yang berlawanan saling berinteraksi, objek yang berbeda muatan listriknya akan saling tarik-menarik.

Komponen Dasar Laser Printer

Printer laser menggunakan fenomena ini seperti sebuah lem yang bisa dilepas dan direkatkan kembali. Komponen Inti dari system ini adalah photoreceptor, secara umum seperti revolver drum atau silinder. Drum assembly ini membuat photoconductive material yang banyak yang ditembak oleh sinar proton.
Pada mulanya drum memberikan muatan positif total yang didapat dari kabel corona, kabel dengan aliran listrik yang mengalirinya. (beberapa printer menggunakan roler yang bermuatan didalam kabel corona, tapi sama dalam prinsip kerjanya.) pada saat drom berputar, printer akan mengeluarkan sinar laser tipis yang ditebakkan pada point yang telah ditentukan. Pada saat ini, laser menggambar, huruf dan gambar yang akan dicetak, seperti sebuah pola dari muatan listrik, yang disebut dengan electro static image. System ini juga bisa bekerja sebaliknya, atau gambar yang dibuat oleh listrik bermuatan positif yang dicetak pada latar belakang negative.

Laser mencetak di alat yang disebut photoconductive revolving drum

Setelah mengeset pola, printer melapisi drum dengan toner yang bermuatan positif, yang berisi tinta hitam yang berbentuk bubuk. Sejak drum dialiri muatan listrik positif, toner melekat pada area drum yang tidak bermuatan listrik negative, tapi tidak juga menempel pada area yang bermuatan positif. Ini sesuatu yang seperti kita mengaduk soda dan mencampurnya dengan tepung. Tepung inti hanya menempel pada bagian yang terlapisi lem dari printer tsb, dan pada akhirnya anda akan bisa melihat bubuk tinta tsb sudah tercetak pada kertas.
Dengan bubuhan bubuk yang sudah berpola, drum akan berputar di satu lembar kertas, yang diatur oleh sabuk yang terdapat dibawah drum tsb. Sebelum kertas masuk keprinter karena ditarik oleh drum, kertas tersebut diberi aliran listrik bermuatan negative yang ditransfer oleh kabel corona (roll bermuatan). Aliran ini lebih kuat dari muatan negative yang ada pada image listrik statis, maka dari itu kertas dapat menarik bubuk tinta yang ada dalam toner. Sejak kertas bergerak dengan kecepatan yang sama dengan drum, kertas tersebut akan mengambil pola gambar yang ada pada drum dengan sangat akurat. Untuk menjaga agar kertas tetap menempel pada drum, kertas tersebut ditembak laser oleh detac corona wire terus-menerus setelah kertas tersebut mengambil bubuk tinta yang ada pada toner.
Terakhir, printer laser akan melewatkan kertas pada fuser (sepasang roller yang telah dipanaskan). Pada saat kertas melewati fuser, bubuk tinta yang didapat dari toner akan melebur dengan serat yang ada dikertas. Fuser mengirim kertas ke lubang yang disiapkan untuk mengeluarkan kertas, dan anda akan melihat halaman yang telah anda cetak. Fuser juga akan memanaskan kertas itu, tentu saja itu yang menyebabkan kenapa kertas terasa hangat ketika kertas keluar dari mesin photocopy atau laser printer anda.
Dan apa yang menjaga kertas anda dari resiko terbakar? Tentu saja kecepatan kertas anda melewati roller, dan kertas anda tidak menjadi tertalu panas.
Setelah menyimpan bubuk tinta di atas kertas, permukaan drum akan melewati discharge lamp. Sinar yang sangat terang menyinari seluruh permukaan photoreceptor, dan menghapus gambar yang dibuat oleh listrik statis. Dan drum akan kembali melewati kabel corona, untuk mengisi kembali meuatan positifnya.
Konsepnya adalah, ini semua hanya untuk mencetak. Tentu saja juga membawa semua yang lebih kompleks. Pada seksi dibawah, kami akan menjelaskan komponen yang terdapat dalam laser printer dengan detail. Agar anda bisa membayangkan bagaimana printer laser memproduksi teks dan gambar dengan sangat cepat dan sangat presisi.

The Controller
Sebelum laser printer bisa melakukan banyak hal, printer ini perlu untuk menerima data dan tampilan bagaimana untuk mencetaknya dikertas. Ini adalah tugas dari printer controller.
Printer controller adalah port onboard yang berada di komputer. Port ini yang menghubungkan komputer (komputer anda ) sampai communication port seperti LPT atau USB port. Pada waktu mulai mencetak, printer laser diaktifkan oleh komputer yang akan mencetak, bagaimana printer laser akan bertukar data. Controller mungkin akan memulai dan memeberhentikan komputer secara periodic untuk memproses informasi yang telah ia terima.

Pada Umumnya Laser printer yang berbeda jenis, memiliki sedikit perbedaan pada communication portnya

Di kantor sebuah printer laser mungkin akan disambungkan ke beberapa komputer yang berbeda, maka banyak pemakai bisa mencetak dokumen dari komputer mereka masing-masing. Controller menghendel setiap komputer secara terpisah tapi mungkin saja dibawa oleh banyak percakapan secara bersamaan. Kemampuan untuk menghendel beberapa perintah dalam satu waktu adalah alasan mengapa printer laser sangat popular.
Untuk printer controller dan komputer agar bisa berkomunikasi, mereka memerlukan bahasa page description language yang sama. Pada waktu printer generasi sebelumnya, komputer mengirim sortiran special dari text file dan kode sederhana yang memberi printer beberapa format informasi dasar. Sejak printer terdahulu ini hanya mempunyai sedikit jenis huruf, ini proses yang sangat membosankan .
Pada saat ini kamu mungkin mempunyai ratusan jenis pilihan huruf yang berbeda dan kamu tidak akan berpikir dua kali untuk mencetak grafik yang rumit. Untuk menghendel semua informasi yang bermacam-macam, printer memerlukan bahasa yang lebih tinggi.
Bahasa printer yang paling utama saat ini adalah HP(Hewlett Packard’s) printer command language (PCL) dan adobe’s Postscripts.kedua bahasa ini mendeskripsikan halaman dalam form vector, itu adalah nilai matematika dari bentuk geometri, daripada seri dots (sebuah bitmap image). Printer itu sendiri yang mengambil vector image dan mengubahnya menjadi bitmap page. Dengan system ini, printer dapat menerima elaborate, halaman rumit, bersama dengan sortiran dari huruf atau gambar.
Juga, sejak printer membuat gambar bitmap, printer itu dapat menggunakan kemampuannya yang maksimum untuk mencetak.
Beberapa pinter menggunakan format graphical divice interface (GDI) sebagai PCL standar. Di system ini, komputer akan membuat kesatuan dot dengan sendirinya, maka controller tidak akan memproses apapun, controller hanya mengirim instruksi dot kepada laser.
Tapi, pada kebanyakan printer laser, controllerlah yang harus mengkoordinir semua data yang diterimanya dari komputer. Ini termasuk semua perintah yang memberitahu apa yang harus printer lakukan selanjutnya, kertas apa yang digunakan, bagaimana format halamannya, bagaimana menghendel huruf, dll. Untuk controller yang bekerja dengan data, printer itu akan berjalan dengan sebagaimana mestinya.
Pada waktu data telah terstruktur, controller mulai menaruh halaman secara bersamaan. Controller mengeset jarak teks, menyusun kata, dan menaruh beberapa graphic. Pada waktu halaman disusun, raster image processor (RIP) mengambil data dari halaman, salah satu dari semuanya atau bagian per bagian, dan memecahnya menjadi susunan dari tiny dots. Seperti yang akan kita lihat di seksi yang berikutnya, printer memerlukan halaman dari form ini, maka laser bisa menulisnya di photoreceptor drum.
Dikebanyakan printer laser, controllernya menyimpan semua tugas mencetak data di memorynya sendiri. Ini mengijinkan controller menaruh pekerjaan mencetak yang berbeda ke dalam antrean maka itu bisa bekerja sampai mereka semua selesai dalam satu waktu. Itu juga menyimpan waktu pada waktu mencetak copy ganda dari sebuah dokumen, sejak komputer hanya mengirim satu data.

The Laser
Sejak printer menggambar dengan baik di halaman, printer laser system atau scanning assembly harus sangat presisi. Laser Scanning Assembly yaitu :
• Laser
• Kaca yang bisa digerakkan
• Lensa

Laser menerima data dari tiny dots yang membuat teks dan gambar dengan satu garis horizontal pada waktu yang sama. Maka balok bergerak menyebrangi drum., laser menembakkan seberkas cahaya untuk setiap dot untuk dicetak, dan tidak ada berkas cahaya untuk setiap dot yang mengandung spasi.
Laser tidak menggerakkan balok dengan sendirinya. Laser memantulkan balok dengan kaca yang bisa digerakkan yang terdapat dalam printer. Pada saat kaca bergerak laser menyinari balok sampai pada lensa. System kompensasi ini untuk gambar yang berdistorsi dikarenakan oleh jarak yang bervariasi antara kaca dan titik sepanjang drum.
Laser assembly bergerak hanya dengan satu arah horiontal. Setelah setiap horizontal scan, printer menggerakkan photoreceptor drum naik satu derajat, maka laser assembly dapatmenggambar garis berikutnya. Sebuah mesin printer komputer yang kecil mensinkronkan semua ini dengan sempurna, meskipun pada kecepatan tinggi.
Beberapa laser printer menggunakan strip dari LED untuk menulis image halaman, didalam printer laser tunggal. Setiap posisi dot memunyai sinar tersendiri, yang berarti printer mempunyai satu set print resolusi. System ini menghabiskan lebih sedikit waktu untuk membuat daripada laser assembly yang sebenarnya, Tetapi mereka membuat cetakan yang lebih rendah mutunya. Secara umum, anda hanya akan menemukan system ini di printer yang bermutu rendah.

Toner
Salah satu bagian yang paling khusus dari laser printer adalah toner. Ini adalah sebuah konsep yang aneh bagi sebuah kertas untuk mengambil tinta daripada memakainya untuk mencetak ke atas kertas. Dan yang lebih aneh lagi, tinta dari laser printer bukanlah tinta yang sebenarnya.
Maka apakah toner itu? Jawaban yang paling simple adalah bubuk yang diberi aliran listrik, dengan dua komposisi utama : pigmen dan plastik.
Fungsi utama dari pigmen terlihat dengan sangat nyata. Ia menyediakan warna hitam (bagi printer monokrom) yang akan dicetak kekertas atau gambar. Pigmen ini di campur kedalam partikel plastik, dan toner akan melebur mereka pada waktu mereka melewati alat penggabungan yang panas. Proses ini memberikan keuntungan lebih daripada printer inkjet. Dan tinta itu akan melekat erat pada kertas, apapun jenis kertasnya, yang berarti teks tidak akan melumer bila disentuh.
Dan bagaimana printer ini mengaplikasikan tonernya ke gambar eletrostatis yang berada didlm drum? Bubuk yang tersimpan di toner hopper, kontainer kecil yang terdapat didlm casing printer. Printer akan mengambil toner dari hopper dengan developer unit. Developer ini sebenarnya adalah gabungan dari serpihan kecil magnet yang mermuatan negatif. Serpihan ini terikat pada roller metal yang berputar, yang menggerakkan mereka sampai pada toner yang terdapat di dalam toner hopper.
Karena serpihan magnet ini bermuatan negatif, developer bead mengumpulkan partikel-partikel yang bermuatan positif pada waktu mereka bergerak. Roler itu kemuadian akan menyemprotkan serpihan-serpihan magnet ke drum assembly. Gambar elektrostatis yang mempunyai muatan negatif yang lebih kuat daripada developer beads, maka drum akan menarik partikel dari toner.
Kemudian drum akan menarik kertas, yang mempunyai muatan yang lebih kuat, dan merekan akan mengambil toner, setelah itu, kertas ini akan dihilangkan muatannya oleh sobekan kabel korona. Pada waktu itu, alat yang menjaga toner agar tetap apda kertas hanya toner hopper. Bila dalam kertas anda terjadi kesalahan, anda tidak akan kehilangan semua gambar. Kertas harus melewati alat penggabungan untuk bisa dicetak. Roller dari alat penggabungan ini dipanaskan dengan quartz tube lamps internal, maka plastik akan melebur pada waktu melewati toner.

Keuntungan dari Printer Laser

Kenapa anda memilih laser printer daripada memilih printer inkjet yang lebih murah? Keuntungan yang paling besar adalah kecepatannya, presisinya, lebih economis. Laser yang berada dlm laser printer dapat bergerak sangat cepat, maka dari itu laser printer dapat mencetak jauh lebih cepat daripada inkjet printer. Dan karena balok laser mempunyai diameter yang tidak bervariasi, maka dari itu printer ini dapat menggambar dengan lebih prisisi, tanpa memakai tinta yang berlebihan.
Laser printer harganya lebih mahal daripada printer inkjet, tapi lebih kuat, dan tidak perlu sering menservisnya. Bubuk toner sangat murah dan dapat bertahan lama, pada saat anda menggunakan inkjet catridges yang habis dengan cepat. Ini mengapa pada umumnya diperkantoran menggunakan laser printer sama sepertinya petani menggunakan keledai di penggilingan berasnya, laser printer digunakan untuk mencetak sangat banyak dokumen. Hampir disetiap model, keefisienan mesin ini disempuranakan oleh processing efficiency. Controller printer laser dapat melayani semua orang diperkantoran kecil.
Pada waktu pertamakali diluncurkan, printer laser sangat mahal untuk digunakan sebagai printer pribadi. Sejak saat itu, entah bagaimana, laser printer menjadi lebih dapat dijangkau. Sekarang anda bisa mendapat laser printer dengan harga yang sedikit lebih mahal daripada inkjet printer.
Seiring dengan perkembangan teknologi, harga printer laser terus-menerus turun, karena bermunculan laser printer dengan teknologi yang lebih canggih. Kita juga bisa melihat perkembangan dari desain printer laser yang bervariasi, dan mungkin akan bermunculan merek-merek baru yang memproduksi printer dengan laser printing system. Banyak invertor percaya kita baru sedikit bisa menggunakan kemampuan dari printer yang berlistrik statis.
Untuk informasi lebih lanjut silakan lihat topik-topik yang berhubungan dan konfimasikan dengan halaman yang lain.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar