Selasa, 02 Februari 2010

tentang motherboard

2. Komponen – Komponen dalam motherboard

setelah kita telah mengenal secara singkat apa saja komponen apa saja di motherboard, di posting saya sebelumnya. disini akan saya secara detil komponen motherboard.

A . Socket Processor

Socket ini merupakan tempat untuk meletakkan processor. Jenis socket atau slot pada motherboard terbaru selalu berubah untuk menyesuaikan dengan perkembangan prosesor. jenis soket prosesor bisa berbeda -beda, tergantung tipe nya.

Pada beberapa motherboard terbaru telah menggunakan CPU socket yang cukup mudah digunakan, sehingga Anda tidak membutuhkan obeng untuk memasang ataupun membukanya. Namun, Anda harus tetap berhati-hati karena ada beberapa kapasitor berada cukup dekat dengan socket yang bukan tidak mungkin akan tersentuh dan akan mengakibatkan kerusakan.

macam – macam socket processor :

sfr

B . slot memory

Slot memory mungkin salah satu bagian yang cukup lama tidak mengalami perubahan. Sebelumnya mungkin kita mengenal SDRAM sebagai tipe memory yang digunakan, namun kini setelah keluar DDR ada lagi tipe memory terbaru di atasnya, yaitu DDR2. Namun, bagian yang paling penting diperhatikan darinya adalah jumlah slot memory tersebut.

Macam – macam jenis memory :

SDRAMddr3-vs-ddr2-ram

c. chipset nothbridge

Chipset yang terdapat di bawah heatsink yang dilengkapi kipas ini bekerja sama dengan chipset southbridge untuk melakukan pengaturan terhadap video card, processor, dan memory. Pada chipset ini memiliki beberapa fitur baru yang mampu memberikan port kecepatan tinggi untuk koneksi LAN dan tambahan ekstra PCI Express.

northbridgemotherboard-bridges

d. chipset southbridge

Di bawah heatsink itu terdapat chipset southbridge yang berfungsi untuk melakukan pengaturan terhadap input dan output beberapa komponen seperti harddisk, optical drive, USB ports, dan slot tambahan PCI Express. Seiring dengan banyaknya tuntutan proses yang harus dilakukan, maka kini chipset ini dilengkapi dengan heatsink agar lebih stabil.

art122_1

e. Sata port

Serial ATA (SATA) merupakan port yang digunakan untuk menghubungkan harddisk dengan PC Anda. Ini merupakan pengembangan terbaru dari Paralel ATA (PATA) yang sebelumnya telah lama kita kenal.

P5WD2E_SATAmore

f. expansion slot

Beberapa motherboard terbaru kini dilengkapi dengan campuran PCI dan PCI Express expansion slot. Sedangkan untuk PCI Express biasanya terdapat dua jenis, yaitu PCI Express 16x yang berfungsi untuk menggantikan AGP slot dan PCI Express 1x yang berukuran paling kecil dan nantinya digunakan sebagai pengganti slot PCI yang ada sekarang ini untuk menunjang modem dan beberapa input device lainnya.

PCXSLOTS pci-express-slots

g. power conector

Berupa konektor untuk menghubungkan motherboard dengan power supply

main20pin

h. BIOS

Ketika Anda kali pertama menghidupkan PC, motherboard akan boot dan menjalankan kode yang berisikan Basic Input Ouput system (BIOS), BIOS akan menjalankan beberapa tes untuk mempersiapkan semua hardware yang kemudian menjalankan operating system. BIOS itu sendiri tersimpan dalam Flash RAM dengan kapasitas sekitar 2-4 MB

3. Computer hardware chart

Untuk gambar (poster) lebih detailnya, silahkan langsung mengunjungi Computer Hardware Poster dan pilih link download bagian kiri. Karena gambar yang cukup banyak dan detail, maka sebaiknya langsung simpan saja gambarnya (tidak di buka melalui web browser), mengingat ukurannya cukup besar, sekitar 24 MB (4320×6120 pixel). Klik kanan link Download dan pilih Save link as.

Gambar ini menyertakan berbagai hardware, foto yang cukup jelas dan tipenya. Berikut screenshot-nya.

Computer_hardware_poster

Tidak ada komentar:

Posting Komentar